Wednesday, July 18, 2012

Ramadhan Produktif



Insya Alloh beberapa hari lagi Ramadhan...sungguh gembira hati tak terkira, bulan yang penuh ampunan, rahmat dan berkah, semoga kita segera berjumpa dengannya.

Bagi sebagian kaum muslimin Ramadhan menjadi bulan yg penuh kesempatan untuk memperbaiki diri, memperbaiki ibadah dan menempa diri utk lebih disiplin. Walau bagi sebagian yang lain justru Ramadhan menjadi beban. Produktivitas justru menurun, banyak tidur dan banyak waktu terbuang sia-sia.

Ok agar Ramadhan kita produktif kenapa tidak coba lakukan beberapa langkah sebagai berikut (siapkan pena dan kertas) :
1. Buat Target dan Tujuan. Buat tema khusus, misalkan kita ingin tahun ini memperbaiki sholat kita. Buat Target untuk konsisten selama satu bulan penuh shalat tepat waktu berjama'ah di Masjid, baca buku-buku fiqih dan membuat rangkumannya, menghadiri majelis ilmu terkait dengan tema sholat, banyak bertanya ke ulama.
2. Buat Rencana. Nah target dan tujuan sudah dibuat, sekarang buat deh perencanaannya. Buat schedule waktu pelaksanaan, apa target minimal dari rencananya, siapa saja yang bisa dihubungi, dan bertekadlah untuk mencapainya.
3. Lakukan, lakukan, dan lakukan. Rencana sudah dibuat, tekad sudah dibulatkan nah saatnya untuk melakukan. Salah satu kedahsyatan dari tindakan ialah ia akan menghasilkan semangat dan motivasi baru. Bahkan ketika tindakan berbuah kesuksesan ia akan mengundang kesuksesan lainnya sehingga diri menjadi lebih bersemangat.
4. Tetap Fokus. Jika pada saat melakukan bertemu kegagalan, kejenuhan dan hambatan, cepat buka kembali rencana yg sudah dibuat, motivasi diri untuk menjadikan Ramadhan kali ini adalah Ramadhan terakhir dan harus menjadi Ramadhan terbaik dalam hidup ini.
5. Mencapai Tujuan. Subhanalloh kerja keras, ikhtiar yang sungguh-sungguh Insya Alloh membuahkan hasil. Ayo raih takwa di bulan suci ini.

*Note: Punya ide bagaimana membuat Ramadhan lebih produktif? kirim ke email ane yah mzomarst at gmail.com biar bisa saya post di blog

MZ Omar

No comments: