Wednesday, July 18, 2012

Bangun Rumah: Rumah Tumbuh Di Tanah Melebar




Eramuslim.com | Media Islam Rujukan,
Assalaamu'alaikum wrwb
Pak Andan di eramuslim.com
Terimakasih atas perhatiannya pada email kami mengenai konsultasi pembangunan rumah tumbuh.
Kami adalah rumah tangga muda yang ingin memiliki dan membangun rumah sendiri hingga mandiri dan berdikari.

Alhamdulillah saya sudah memiliki tanah sendiri ( ukuran tanah terlampir di email ). Untuk menghemat biaya, saya ingin membangun rumah dengan 2 kamar di bawah. Dan lantai atas
rencananya untuk ruang serba guna atau kamar tambahan jika ada keluarga yang datang. Namun jika ada dana, dapat ditambah menjadi 3 kamar tidur.

Saya sering mendengar pola rumah tumbuh. Namun belum tahu bagaimana menerapkannya di lahan yang ada
serta apa keuntungannya ?

Selain 3 kamar tersebut, saya juga ingin ruang cuci jemur yang terpisah. Namun mudah di akses dari carport dan dapur.
Tidak lupa parkir untuk motor agar aman jika malam hari. Dia area jemur saya juga ingin ada ruang pelayan. Bahkan jika
bisa ingin pula saya dibuatkan ruang pembantu dan gudang.

Ruang tamu ada penyekat ke ruang keluarga. Hingga jika ada tamu tidak terlihat ke dalam. Di samping dan belakang saya juga ingin ada taman.
Agar rumah tetap sejuk. Bagaimana cara mengaturnya di lahan saya yang kecil ini ?

Saya juga ingin rumah tidak terlalu tampil mencolok, namun tetap tampil trendi. Karena saya tidak ingin tampil
terlalu berbeda dengan lingkungan yang ada. Jadi tetap terasa sederhana, namun asri dan cantik.

Demikian pertanyaan kami. Semoga segera dapat di balas. Dan terimakasih sekali atas masukan disainnya.
Wassalaamu'alaikum wrwb

Ilyas - Depok

Wa'alaikum salam wrwb
Pak Ilyas di Depok, terimakasih atas perhatiannya pada griya-asri.com

Semoga pertanyaan bapak menjadi inspirasi pula bagi keluarga muda yang ingin memiliki rumah bagi kehidupan masa depannya.
Bersyukurlah, tanah yang ada cukup luas untuk ukuran kota besar. Bentuknya yang melebar membuat saya mudah dalam membuat konsep rumah tumbuh.

Mari kita perhatikan denah berikut ini.

  
                          Denah

Carport saya buat cuku panjang dengan ukuran 3 x 5 m. Hingga mobil besar bisa masuk ke dalamnya. Lalu area ini langsung berhubungan dengan parkir motor di samping dapur.
Kemudian menerus ke belakang area cuci jemur yang cukup luas. Karena kelak bisa ditambahkan ruang pelayan dan gudang.

Ruang tidur 1 sebenarnya bisa tidak dibangun dulu. Karena jika kita lihat view 1, bagian kanannya adalah area 1 lantai. Hingga bisa ditunda pekerjaannya. Dan tidak
mengganggu struktur bangunan secara umum.

Ruang tamu ada penyekatnya, bisa kita buat dari tembok atau partisi. Terserah Pak Ilyas saja. Karena tidak mempengaruhu struktur bangunannya. Untuk ruang keluarag,
saya buat lapang saja. Hingga bisa berfungsi sebagai ruang makan juga.

                         View 1
Teras depan saya buat cukup nyaman. Dengan tiang kuning yang trendi. Membuat rumah ini tampil dengan jiwa muda yang dinamis. Dan dengan teras yang nyaman,
tamu tidak harus masuk ke dalam jika memang hany bertamu sebentar saja.

                            View 2
Kini kita beralih ke view 3 yang menampilkan sisi kanan bangunan. Taman kecil di samping membuat kita dapat membuka jendela dari sisi ini. Tidak harus terhalang dengan tembok tetangga.
Inilah keuntungannya rumah dengan lahan yang melebar. Sirkulasi hawa dapat diatur dengan baik dan nyaman.

                       
                           View 3
Pada view 4 saya ingin tampilkan bangunan lantai 2 nya. Ia berupa lantai mezanin yang tidak membuat rumah terlalu tinggi. Karena kesan lantai 2 nya tidak terlalu nampak.
Area ini bisa langsung di sekat menjadi kamar tidur atau bisa saja dibiarkan terbuka lapang. Hingga bisa jadi ruang serba guna.

                           View 4
Kini kita beralih ke bagian belakang rumah. Jangan khawatir. Tetap ada taman di belakang. Walaupun kecil , taman ini benar-benar berfungsi sebagai penyejuk ruang.
Rumput hijau yang segar manjadi aroma alam tersendiri yang sejuk. Serta aliran hawa segar menjadikan area ini ibarat radiator pada mesin mobil.

                         View 5
Pada bagian terakhir saya ingin membahas 'man ye view'. Karena posisi gambar yang lain sebenarnya untuk konsumsi tukang. Agar mereka mudah melihat pola atapnya. Namun
untuk kita pemilik rumah. sesungguhnya view ke - 6 inilah yang realistis. Karena sudat pandangnya buka 'bird eye view' . Dari arah ini saya ingin tegaskan,
bahwa rumah ini sangat ramah dan bersahabat. Dengan atap tropis yang menarik. Namun tetap tampil keren karena unsur ornamen minimalis tetap saya padukan disini.

                         View 6
Demikian jawaban saya kali ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Pak Ilyas, semoga anda sekeluarga diberi kelapangan rizki untuk mewujudkan rumah indah ini.
Netters sekalian, sampai jumpa pada konsultasi arsitektur dan bangun rumah berikutnya.

Wassalaamu'alaikum wrwb

No comments: