Sunday, January 12, 2014

9 Langkah Membuat Rencana yang Menguntungkan di tahun 2014

Jika anda merasa bahwa tulisan ini bisa membawa manfaat, sudilah kiranya menyebarkannya kepada saudara-saudara kita yang lain, semoga menjadi amal jariyah bagi kita semua yuk follow juga FanPage MZ Omar

Tanpa perencanaan yang matang dan detail, apa pun tindakan anda bisa menjadi sia-sia. Membuat perencanaan membantu anda untuk tetap berada di jalurnya dan sesuai rencana yg dibuat. Jadi tuliskan dengan detail dan terukur rencana anda dengan 9 Langkah berikut ini:


1. Tuliskan apa yang ingin anda capai sebagai goals. 
Dengan menuliskan goals akan semakin jelas arah dan tujuannya. Tuliskan goals anda seperti ini: Kita akan melakukan.....Kita akan meraih.....Nah catat setiap goals di Papan Tulis dan catatan pribadi anda,

2. Kembangkan daftar tindakan pada Goals Anda. 
Nah disini dibutuhkan sedikit effort untuk membuat detail tindakan. Buat daftar tindakan langkah demi langkah dari tiap goals-nya.

3. Buat Jadwal Pelaksanaan.
Disini anda membuat timeline dari tindakan-tindakan yang sudah ditulis pada langkah ke-2, tuliskan secara spesifik: tanggal mulai dan tanggal selesai untuk nanti dapat kita kontrol.

4. Mempersiapkan Sumber Daya Pendukung.
Untuk bisa mencapai goals dan menjalankannya dalam tindakan maka diperlukan sumber daya seperti: finansial, alat, dan sumber daya manusia. Jika sumber daya terbatas maka kita dapat melakukan revisi tindakan sesuai dengan sumber daya yang kita miliki.

5. Identifikasi Permasalahan yang Mungkin Timbul.
Ini adalah langkah antisipasi. Fikirkan secara detail perkiraan masalah apa saja yang mungkin timbul pada saat pelaksanaan, lalu persiapkan solusinya.

6. Buat Strategi Untuk Bisa Memonitor Progress.
Banyak orang mampu membuat perencanaan namun sedikit yang bisa sempurna dalam melaksanakan. Ada baiknya kita memiliki mekanisme kontrol dalam memonitor pelaksanaan. Bisa dengan menyewa seorang executive coach, membuat divisi yang khusus memantau atau dengan mengadakan evaluasi rutin dengan semua anggota tim.

7. Tunjuk Pelaksana.
Untuk tugas-tugas yang sudah dibuat tunjuk penanggungjawabnya. Beri rambu-rambu dan ukuran yang harus dicapai, lakukan test dan ukur.

8. Estimasi Biaya.
Buat estimasi biaya pada setiap tugas-tugas yang ada, jika dananya tidak mencukupi atau tidak ada maka bisa jadi kita merevisi perencanaan yang sudah dibuat.

9. Implementasikan Rencana
Dengan semua langkah di atas, tuliskan dengan jelas dan sepakati dengan anggota tim untuk bisa berkomitmen menjalankan rencana tersebut.

Nah sederhana bukan? Inshaa Allah dengan mengikuti langkah-langkah tersebut jalan anda menuju sukses di 2014 menjadi lebih lancar. Sukses untuk anda.

Omar
Sumber:
a. Image sources: thingkingfuturer.net
b. Article: BradSugars blog

Change Your Habits Change Your Life Part 1

MEMULAI BISNIS PROPERTI MENJADI MINI DEVELOPER