Monday, October 3, 2011

Mengubah kebiasaan dalam 30 hari

Ada satu kesan mendalam setelah melewati bulan Ramadhan. Kenapa hanya 1 bulan? kenapa hanya 30 hari saja kita dibina oleh Allah swt dalam menjalankan bermacam ibadah?
30 hari adalah waktu yang cukup bagi seseorang dalam mengubah kebiasaannya. Dalam 30 hari memberikan anda waktu untuk melakukan suatu percobaan. Tentukan apa saja yang ingin anda ubah dan lakukan selama 30 hari, anda ingin...:
- Mengurangi berat badan. Selama 30 hari lakukan olah raga teratur dan diet ketat
- Ingin menulis buku. Mulailah dengan 1 lembar per hari maka dalam 1 bulan akan mendapatkan 30 halaman
- Meningkatkan penjualan. Berjanjilah untuk mengubungi 5 orang baru tiap hari. Bertatap muka dengan 2 orang baru setiap hari, maka jumlahkan dalam sebulan. Berapa peluang yang anda dapatkan? tinggal asah kemampuan untuk mengkonversinya
- Ingin mendapatkan jodohnya. Rumusnya hampir sama dengan penjualan. Temui orang baru setiap hari
- Ingin terbebas dari hutang. Ubah kebiasaan keuangan anda dalam 30 hari
- Ingin berhenti merokok. Coba bertahan dalam 30 hari.
- Menghafal Al-Qur'an. Cicilah hafalan 1 hari 1 ayat, maka 30 hari sudah bisa menghafal 30 ayat

Lha kenapa 30 hari? dalam waktu yg tidak terlalu singkat dan juga tidak terlalu lama, kita akan memiliki ruang untuk mengevaluasi sejauh mana progres yang kita raih. Terkadang kita membuat perencanaan terlalu panjang ke depan sehingga terlalu lelah menggapainya. Walaupun kita harus memiliki ultimate goal dalam hidup kita. Nah dalam 30 hari akan meningkatkan percaya diri kita bahwa kita bisa mencicil goal jangka panjang kita.
Namun disisi lain juga tidak terlalu short term. Banyak orang hidupnya hanya terfikir hanya utk hari ini dan besok, semuanya serba instan, tak punya perencanaan, let it flow katanya. Memang sih tergantung personalnya, tapi tentunya dengan menjalani latihan mendisiplinkan diri selama 30 hari akan menjadikan anda seorang pemenang.

Jadi sekarang tentukan kebiasaan apa yang akan anda rubah dan jadilah pemenang....

No comments: