Thursday, December 16, 2010

Goal Setting Mindset (tulisan ke-2)


Mulai Menetapkan Tujuan Pribadi

Hidup mempunyai tujuan, hanya pribadi-pribadi gemilang yang berhak mencapainya. Kejelasan tentang tujuan hidup membentuk kehidupan apa yang akan kita jalani 
by MZ Omar

Setelah kita memahami pentingnya mempunyai tujuan dalam hidup, maka yang harus kita lakukan adalah memahami gambar besarnya. Tujuannya adalah menentukan “alamat” yang kita tuju. Selayaknya ketika kita ingin bepergian, mengetahui alamat tujuan akan mempermudah langkah kita dalam menempuh perjalanan. Pada dasaranya tujuan ditetapkan pada sejumlah tingkatan yang berbeda: 

Pertama, Anda mulai dengan membuat "gambar besar"  tentang apa yang Anda ingin lakukan dengan hidup Anda, dan memutuskan untuk meraih tujuan yang berskala besar yang ingin Anda capaiGambar besar tidak harus berarti sesuatu yang fantastis, luar biasa atau di luar batas kemampuan. Sesuatu yang sederhana bisa juga mempunyai pengaruh yang besar. Tapi bisa juga cita-cita besar yang menantang Anda. Seperti seseorang yang ingin membangun sebuah gedung, ia membutuhkan sebuah gambaran utuh tentang bentuk dari bangunan yang diinginkannya. Misalkan Anda menginginkan menjadi pebisnis yang sukses, Anda harus mampu menerjemahkan kesuksesan itu dalam sebuah pernyataan yang terus menerus diperbaharui dan diperbesar. Menjadi perusahaan terbaik di bidang yang Anda geluti, memberikan kontribusi positif bagi kemandirian bangsa, menciptakan lapangan kerja yang luas adalah sebuah gambaran besarnya. Renungi, fikirkan, impikan, nyatakan dan tuliskan.

Kedua, Anda harus memecahkan (break-down) gambar besar yang sudah dibuat ke dalam sasaran yang lebih kecil dan lebih kecil lagi, sedetail-detailnya sampai Anda jelas melihat apa sebenarnya yang ingin Anda capai. Buat pertanyaan seakan-akan Anda orang lain. Dengan demikian Anda akan mendapatkan kejelasan sebening Kristal

Proses ini akan memberikan Anda sebuah langkah maju dalam mengelola hidup Anda. Seperti layaknya memiliki peta, Anda tidak akan tersesat dan justru menikmati perjalanan karena yakin dengan tujuan Anda. (bersambung)

No comments: