Tuesday, August 18, 2009

SOLUSI 3I Ketika Ujian Menghadang

Bila kesulitan menghadang
Hadapi dengan senyuman
Pantang marah dan keluh kesah
Tekadkan hati terus berjuang

Saudaraku yg dicintai dan mencintai Allah, sebagai manusia yg lemah pasti kita pernah mendapat ujian yg berat. Ujian itu bentuknya macam-macam, ada yang baik dan juga buruk. Nah pada kesempatan kali ini saya punya resep bagi yg sedang dilanda masalah.

RUMUS 3I:
INTROSPEKSI, ISTIGHFAR, IKHTIAR


1. I yang pertama adalah INTROSPEKSI. Amat sering kita khilaf, marah, kecewa kita tudingkan kepada pihak lain.
“Itu kan salah dia, dasar orang serakah!”
“Gue bangkrut kan gara-gara dia tuh!”
“Mama sih nggak ngikutin kata2ku jadi begini deh”
Dan masih banyak lagi contoh lainnya. Bahkan ketika ujiannya sudah sangat berat tidak jarang justru Allah yg kita salahkan. “Kenapa aku ya Allah, kenapa jadi begini ya Allah?”
Padahal kita tahu, ini saatnya kita memeriksa apa saja langkah yg kita ambil dimasa lalu sehingga kita jadi merana seperti saat ini.
Memang nggak mudah untuk melakukan Introspeksi (Muhasabah) atau evaluasi diri. Mungkin karena sudah merasa melakukan yg benar dan terbaik lalu tiba-tiba hasilnya tidak sesuai dengan yg diinginkan. Ada 3 hal yg harus dilakukan ketika melakukan Introspeksi:

1. Bertanya kepada diri sendiri. Apakah yg dilakukan sudah benar? Apa ada yg kurang? Apa kita kurang hati-hati? Apa semuanya sudah melibatkan Allah atau jangan-jangan hanya mengikuti nafsu diri? Apa ada orang lain yg kita zhalimi? Lakukan sedetail mungkin pertanyaan hingga kita menemukan pertanyaan yg kita sendiri menjawabnya,”Oh…mungkin gara-gara ini”

2. Bertanya kepada orang lain. Hampir sama dengan langkah 1 tapi kita tanyakan ke orang terdekat yg kita yakin bisa memberikan jawaban yg objektif.

3. Memohon petunjuk kepada Allah SWT dimana letak kesalahan kita.

Nah segitu dulu yah, nanti kita lanjutkan ke ISTIGHFAR

MZ Omar

No comments: