Thursday, October 28, 2010

BERAPA KALI ANDA GAGAL HARI INI?

BERAPA KALI ANDA GAGAL HARI INI?
by MZ Omar

Jika anda di tolak oleh 10 orang berarti anda sudah dekat dengan satu orang berkata "Ya"...MZ Omar

Pertanyaan negative tapi bisa menendang kita untuk berbuat lebih banyak dan lebih baik. Maksudnya bukannya menyarankan kita untuk banyak gagal, bukan! Tapi pada realita kehidupan di dunia wirausaha, biasanya semakin banyak kita menawarkan dan gagal, artinya langkah kita untuk mendekati sukses semakin dekat. Banyaknya kegagalan berarti banyaknya kita menawarkan. Lha gimana mau gagal kalo nggak pernah menawarkan.

Coba saja teknik ini.
1.      Setiap hari fikirkan siapa saja yang bisa anda temui untuk bisa anda ajukan produk atau jasa anda. Berbicaralah natural, jangan kaku. Tanyakan keadaannya berikan masukan lalu selipkan ide untuk menggunakan produk atau jasa yang kita punya. Sebaiknya dilakukan dengan tatap muka sehingga bisa menimbulkan citra positif, walau pun sekarang semua bisa dilakukan via online. (untuk cara bisa bertemu dengan prospek kita akan dibahas nanti)
2.       Awal dari terjadinya transaksi bisnis adalah inquiry (permintaan harga). Dari sini kita bisa menentukan solusi terbaik bagi calon pelanggan kita. Baik dari segi spesifikasi barang, jumlah pesanan, waktu pengiriman, harga terbaik dan cara pembayaran. Semakin banyak permintaan yang masuk, semakin besar peluang terjadinya bisnis.
3.       Strategi Harga. Kompetisi semakin ketat, maka harga semakin murah. Itu yang sering kita dengar, padahal tidak sesungguhnya tepat, pada kebanyakan kasus memang iya seperti itu. Tapi cobalah untuk mencari peluang dimana anda bisa meraih harga terbaik dengan marjin tinggi. Biasanya ini bisa terjadi jika anda sudah memiliki “trus” yang tinggi. Demikian juga dengan system pembayaran, usahakan mendapatkan pembayaran tunai dari pelanggan dan pembayaran tempo dari pemasok/supplier. Ini akan menjaga cash flow usaha anda.
4.      Penawaran Harga. Ini adalah momentum penting. Jika anda sudah merilis penawaran, keputusan ada di tangan pelanggan. Usahakan untuk terus menjaga kontak dan menanyakan kira-kira apa yang bisa kita lakukan agar penawaran itu diterima. Karena dengan menjaga kontak, walaupun penawaran kita ditolak paling tidak untuk kesempatan selanjutnya kita bisa diikutsertakan.

Nah, kalo dalam proses di atas kita mentok dan berakhir dengan kegagalan, jangan kecewa, dan putus asa. Itu tandanya sudah ada trust dari pelanggan dengan menghubungin anda, tinggal koreksi terus apa saja yang menyebabkannya tidak berhasil.

Selamat Berkarya all Brothers….

Sakses for U all
MZ Omar

No comments: