Memasuki tahun 2009, perusahaan kami memasuki era baru dengan menjadi distributor Aquaquick 2000, sebuah produck cleaner dan biadegreaser utk oil spill. Sebuah tantangan baru yang mengasyikan. I like new challenge...berarti ilmu dan wawasan baru.
Tantangan ini tentunya membutuhkan skill baru dan rencana action yang berbeda. Ini beberapa langkah yang sedang saya coba jalankan:
1. Make a list of potensial Customers (Prospect list). Untuk membuatnya sederhana, pertama, mulai saja dari existing customer yg kita miliki. Kebetulan saya sudah memiliki base customers untuk beberapa perusahaan minyak dan industri otomotif, tinggal mengembangkan saja. Kedua, minta referensi dari teman, keluarga, tetangga dan orang yang mengenal kita. Hal ini untuk mempermudah mendapat kontak ke orang yang tepat. Ketiga, mengikuti seminar, workshop, gathering dengan industri yang ingin kita sasar. Keempat, mencari di yellowpages dengan melihat kategori industri yang dituju.
2. Make a Sales Letter. Langkah berikutnya mulai mengontak satu per satu. Hubungi perusahaan yang di tuju lalu kirim melalui fax atau email. Perkenalkan perusahaan dan produk yg ditawarkan lalu minta waktu untuk bertemu dan presentasi.
3. Presentasi. Siapkan informasi produk: detail produk, data teknis, cara pemakaian, jumlah stock, waktu pengiriman dan pricing. Berikan informasi yang menggiring customer menjadi interest dengan produk kita.
4. Follow up. Kontak lagi prospek untuk menanyakan apakah produk kita dapat diterima.
5. Closing. Dapatkan persetujuan pembelian dengan memperhatikan syarat dan kondisi agar tidak terjadi keluhan ke depan.
6. Purna Jual. Selalu memelihara hubungan dengan customer dan menangani setiap keluhan dengan profesional.
Practice, practice and practice..itulah yang harus dilakukan untuk membuat strategi di atas berhasil.
Mudah-mudahan bermanfaat.
MZ Omar
No comments:
Post a Comment