Tuesday, September 11, 2007

STOP COMPLAINING

Ketika keadaan menjadi kacau, customer complaint, bos terlalu menekan, supplier nagih, tagihan membengkak, mertua ngadat, anak-anak begitu menuntut, paling enak sih ngedumel!!
Apalagi memaki rasanya plong gitu! kata sebagian orang kalo mau marah dikeluarin saja biar nggak jadi penyakit!. Lihat tuh si anu..gara-gara sering memendam marah jadi penyakitan. Jadi keluarkan saja!
Bisa jadi betul apa yang dibilang, tapi perlu juga diperhatikan apa yang keluar saat kita memuntahkan uneg-uneg kita.
Apakah kebun binatang yang keluar, atau penghinaan....
Menurut saya ini sangat tidak produktif.....
Dari setiap kejadian yang tidak sesuai dengan rencana kita, tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan sebenarnya adalah Peluang....Lho kok? Iya dong kan "setelah kesulitan pasti ada kemudahan".
Habis tidur pasti segar
Habis sakit pasti sembuh
Habis malam pasti siang
Habis Badai pasti cerah
Jadi sesuatu yang paling buruk sekalipun pasti ada ending-nya (atas izin Allah SWT).
Jadi daripada kita semrawut dengan uneg2 kita dan marah nggak karuan lebih baik menatap ke depan.
Kalo lagi banyak hutang maka mulai sekarang hidup berhemat, cari sumber penghasilan lain, restrukturisasi hutang, sederhanakan gaya hidup, tadinya pake HP communicator sekarang pake yang 200ribuan....daripada stress entar nyolong, korupsi lagi.

So kalo masalah datang bisa dipakai rumus sederhana berikut....
Ambil sehelai kertas
Tulis 9 hal yang menurut kita bisa menyelesaikan persoalan
Lakukan 9 hal tersebut satu persatu

Misal:
Dikejar Hutang sama Bank rp 10,000,000
1. Cari 1 order dengan margin rp 10,000,000
2. Cari 2 order dengan margin rp 5,000,000
3. Cari 4 order dengan margin rp 2,500,000
4. dst
5. dst.....

Mau coba?

Cheers
MZ Omar

No comments: