Friday, January 24, 2014

UJIAN ITU MENYELAMATKAN

Ada cerita sederhana yang selalu saya ingat ketika Ujian Hidup sedang menerpa dan ini juga jadi salah satu cerita favorit untuk anak-anak saya di rumah.

Cerita ini saya dengar dari KH Abdullah Gymnastiar....

Cerita Tentang Petani yang Terlambat Ke Kota

Di sebuah pedesaan tinggallah seorang petani yang jujur, tekun dan pekerja keras. Setiap minggu beliau selalu membawa hasil kerjanya ke kota untuk dijual di pasar. Untuk mencapai ke kota ia harus naik angkot yang hanya ada ketika hari pasar, jika terlambat maka harus menunggu beberapa hari kemudian (artinya hasil panen bisa tidak terjual pada hari itu).

Suatu hari si petani memperoleh panen besar, di benakknya sudah terhitung berapa keuntungannya pada saat itu, apa saja barang yang akan dibelinya pun sudah di buat. Lalu berangkatlah ia menuju tempat pemberhentian angkot. Namun sayang karena kendala dalam perjalanan ia tidak kebagian tempat di angkot yang artinya tidak dapat berangkat ke kota. Ia sangat menyesal dan sedih, sambil bergumam lirih dalam hati "Ya Allah apa salahku? Panem yang seharusnya bisa kuraih sekarang justru harus tertunda, apa salahku? aku hanya ingin menikmati hasil jerih payahku bertani dan membahagiakan keluargaku, kenapa ya Allah kenapa? sesalnya.

Namun belum reda rasa sedih dan kesalnya, tiba-tiba ia dikejutkan oleh berita yang dibawa temannya."Gawat angkot yang tadi berangkat dari sini kecelakaan, terguling masuk ke sawah dan beberapa ada yang meninggal!"

Astaghfirullah....ternyata......keterlambatan tadi justru menyelamatkan diriku..alhamdulillah ya Allah.

Rekan sekalian....terkadang kita memang reaktif dan terlalu cepat mengambil kesimpulan dari kejadian yang menimpa kita, padahal belum tentu ujian yang menimpa kita adalah musibah. Ujian datang untuk menguatkan kita, ujian disajikan untuk memberi kesempatan pada diri kita bersimpuh di hadapan Allah, ujian hadir untuk menunjukkan bahwa kita sangat lemah, hanya Allah Yang Maha Perkasa.

Mungkin saat ini bisnis kita sedang bangkrut, katakan pada diri selama kita masih mengingat Allah dan kembali ke jalan Allah kita masih kaya, yang bangkrut itu jika kekayaan menghampiri tapi kita membelakangi Allah.

Mungkin saat ini kesehatan kita sedang diuji, katakan pada diri selama diri kita masih bermunajat kepada Allah dan memohon kesembuhan dari Allah maka sesungguhnya kita sehat. Yang sakit itu jika tubuh sehat tetapi digunakan untuk bermaksiat.

++++Silahkan LIKE and SHARE sahabat++++

No comments: