Tuesday, September 25, 2007

DIET RUHIYAH 001

Ketika kita bangun tidur apa yang pertama kali terlintas di fikiran kita dan apa yang kita lakukan?

Mungkin…..

Marah-marah sambil menggerutu,” Aduh kesiangan nih, kacau deh!”. Langsung lompat dari tempat tidur untuk segera mandi dan berpakaian untuk berangkat kerja. “Takut terlambat!”

Tidur lagi. “Ah…baru juga jam 04.00 masih ada waktu…subuh kan jam 04.30”

Bangun tidur adalah sebuah rutinitas, sehingga kita terkadang lupa untuk mendisiplinkan diri untuk melakukan Adab bangun tidur. Rasulullah SAW mencontohkan dan memberikan teladan kepada kita bahwa jika terbangun dari tidur pertama kali yang harus kita lakukan adalah bersyukur kepada Allah SWT. Bersyukur kita masih diberi kesempatan untuk bangun kembali dalam keadaan sehat wal afiat. Ini adalah kemewahan, anugerah dan karunia. Berapa banyak orang yang tertidur ternyata tidak bangun lagi.

Adapun salah satu Do’a bangun tidur:

“Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’da maa amatana wailaihin nusyur”
Segala Puji bagi Allah yang menghidupkan saya sesudah mematikan saya dan kepada-Nya akan dibangkitkan.

Memulai hari dengan mengucapkan syukur akan mengingatkan kita ada sebuah tugas mulia dalam menebar kebaikan pada hari ini.

Memulai hari dengan mengucapkan syukur akan memberikan kekuatan kepada kita ada Allah SWT disamping kita dan akan kembali kepada-Nya

Memulai hari dengan mengucapkan syukur akan memberikan dorongan semangat untuk berkarya lebih baik di hari ini.

Memulai hari dengan mengucapkan syukur akan memberikan kita sebuah tekad untuk mensukseskan hari ini. Hari terbaik kita, karena mungkin hari ini adalah hari terakhir kita.

Ikuti 7 langkah Diet Ruhiyah berikut ini:
1. Setiap bangun pada pagi hari baca do’a di atas. Lalu juga bisa ditambah dengan berdo’a meminta untuk diberikan kekuatan untuk menjalani hari tersebut, agar menjadi hari terbaik.
2. Do’akan orang-orang terdekat anda. Bisa suami, istri, anak, orang tua, semoga mereka diberikan kesehatan, keIslaman dan keimanan.
3. Buat yang sudah punya pasangan, katakan,”Aku sayang kamu, terima kasih telah mendampingiku dengan sabar dan setia, semoga Allah memberi berkah-Nya kepada kita” lalu kepada anak-anak,”Kalian adalah anugerah terbaik yang Allah SWT berikan kepadaku, semoga menjadi anak sholeh ya nak!”. Berikan kecupan anda dan peluk perlahan.
4. Ambil wudhu/mandi kemudian berangkat ke Masjid untuk shalat subuh berjamaah (untuk kaum laki wajib lho….)
5. Setelah kembali ke rumah bisa dilanjutkan dengan membaca Al-Quran semampunya. Hal ini juga bisa diikuti dengan membaca buku-buku yang menginspirasi, bisa tentang tokoh sukses, motivasi, buku agama.
6. Tuliskan 5 hal positif yang anda inginkan pada hari tersebut. Misalnya:
Saya berhasil merampungkan proposal untuk proyek A
Saya meraih omset Rp 2.000.000.000 dari total penjualan
Saya bersedekah untuk 100 orang anak yatim
Gunakan kata yang menunjukan bahwa anda sudah memiliki apa yang anda inginkan atau telah anda lakukan.

7. Setelah itu tuliskan apa yang ingin Anda kerjakan pada hari itu di Agenda Kerja anda. Urutkan sesuai prioritas. Berusahalah untuk focus mengerjakan satu demi satu rencana anda pada hari itu. Fokus pada “goal” anda.

Insya Allah dengan menjalani Diet Ruhiyah seperti ini akan membuahkan perbedaan sangat besar dalam Anda menjalani hari-hari. Saya sendiri baru beberapa bulan menjalankan ini dan hasilnya? Bukan saja semangat hidup yang bertambah, tapi semuanya ikut bertambah, rezeki, peluang, ilmu, teman.

Mudah-mudahan tulisan ini bisa menginspirasi, Anda mau mencoba?

Cheers and warm regards
MZ Omar

1 comment:

ibib said...

Artikel yang menarik, thx